Irwan, Penderes

Irwan, Penderes

Seorang Penderes

Irwan (60), demikian orang-orang memanggilnya. Ia yang bernama asli Azis Irwanto adalah seorang penderes di Desa Rancamaya, Kabupaten Banyumas. Penderes adalah istilah bahasa Jawa yang berarti penyadap nira kelapa. Nira merupakan bahan baku yang digunakan untuk membuat gula kelapa.
Setiap hari, Irwan menyadap nira sebanyak 2 kali: pagi dan sore. Dalam setiap hari dia menderes pohon kelapa sebanyak 10 pohon. Hasil yang didapatkan dari 10 pohon tersebut, kurang lebih 5 kg per hari.
Irwan memproduksi gula kelapa kristal. Gula kelapa kristal sering juga disebut gula semut atau dalam bahasa Inggris disebut dengan brown sugar atau palm sugar. Gula kelapa jenis ini merupakan diversifikasi dalam produk gula kelapa.

Peneliti

Selain pekerjaan sebagai penderes, Irwan juga seorang “peneliti” gula kelapa. Peneliti-peneliti semacam Irwan ini, di jaman dahulu sebetulnya juga ada. Jika anda tahu Ikan Mujahir maka ketahuilah bahwa Muhajir adalah peneliti ikan yang kemudian “menciptakan” ikan jenis tersebut. Atau sebut nama lain Mukibat. Orang yang disematkan dalam Singkong Mukibat adalah nama orang yang menciptakan singkong tersebut.
Kembali ke Irwan, sekarang ini Irwan sedang mempunyai proyek penelitian berupa pembuatan gula semut berwarna putih. Lazimnya, gula semut adalah berwarna coklat atau kuning tapi kali ini Irwan membuatnya berbeda. Ia membuat gula semut berwarna putih.

Saat ditanya alasan membuat gula semut putih, Irwan mengatakan,” Saya ingin membuat gula semut yang jika dituangkan ke teh membuat teh tersebut tidak berubah warna. Jadi, orang yang tidak suka dengan perubahan warna pada teh yang menggunakan gula semut biasa tetap mau mengkonsumsi teh dengan gula semut putih ini”.

Sebagai seorang penderes, tentunya ia berharap agar karyanya ini dapat disambut oleh para pembeli. “Saya ingin agar temuan saya ini dapat dibeli oleh pedagang. Tentu saja dengan harga yang lebih baik agar pendapatan saya meningkat,” ujarnya.

 

Uji Coba

Sebelum membuat gula semut berwarna putih, Irwan juga pernah melakukan uji coba membuat gula cair. Menurutnya, gula cair tersebut bisa menjadi bahan untuk membuat permen atau menjadi tandingan dari gula cair/ gula rafinasi dalam pembuatan roti. Pada skala yang lebih sederhana, Irwan juga sering melakukan uji coba mencampur bahan-bahan gula semut dengan bahan lain seperti jahe, kunyit, vanilla yang kemudian menjadikan gula semut mempunyai banyak varian rasa.

Dalam setiap temuannya, Irwan berharap agar para pedagang bisa membeli produk tersebut sehingga bisa meningkatkan pendapatannya. Dengan meningkatnya pendapatan dari temuan-temuan tersebut maka ia bisa menjadi inspirator bagi penderes lainnya untuk turut mendiversifikasi produk gula kelapa demi peningkatan taraf hidup para penderes.

Jadi, jika kelak anda jalan-jalan toko dan kemudian ada tulisan “Gula Irwan”, tak usah bertanya-tanya lagi,”Kok bisa dinamakan Gula Irwan?”, karena anda sudah tahu jawabannya: gula kelapa tersebut memang dibuat oleh Irwan.

 

Oleh Barid Hardiyanto


2 Comments

Merrie Lavallee · September 28, 2018 at 9:05 pm

Hello. impressive job. I did not anticipate this. https://newone2017.com/

TYRA · November 18, 2018 at 3:59 am

ku baru tau kalo Nira merupakan bahan baku yang digunakan untuk membuat gula kelapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *